Jumat, 20 Desember 2013
Ekspo Education  SMA N 1 Tanjung Raja


            Agenda besar yang dilakukan oleh SMAN 1 Tanjung Raja menarik perhatian beberapa kalangan, khususnya kami sebagai mahasiswa Fakultas MIPA jurusan Kimia Universitas Sriwijaya. Agenda tersebut dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 18-19 Desember 2013 di SMAN 1 Tanjung Raja. Mayoritas stand diisi dengan berbagai macam pameran dan hasil kewirausahaan dari berbagai macam sekolah di Inderalaya. Kami sebagai peserta dari Universitas Sriwijaya, memberikan berbagai macam hal yang bermanfaat, seperti demo praktikum, pemaparan hasil penelitian mahasiswa Kimia dan kewirausahaan yang dipelopori oleh departemen Dana dan Usaha HIMAKI Universitas Sriwijaya.


            Demo praktikum yang kami lakukan diantaranya, “Gunung Meletus” dan “Sulap Bakar Uang”. Kedua percobaan tersebut banyak menarik perhatian siswa-siswi SMAN 1 Tanjung Raja. Antusiasme dari wajah mereka benar-benar terlihat jelas. Pada percobaan Sulap Bakar Uang, uang yang dibakar memang seperti terbakar namun sebenarnya uang tersebut tidak benar-benar terbakar. Pada percobaan ini, bahkan ada pengunjung yang menyumbangkan uang Rp. 100.000,- untuk dibakar. (wahhh… berani bener tuh orang?? Heheee)
            Pada demo praktikum yang kedua, percobaan “Gunung Meletus” cukup menarik perhatian pengunjung. Pengunjung yang datang pun bervariasi, ada siswa-siswi SMP, SMA dan serta guru-guru SMA yang datang langsung untuk melihat demo praktikum tersebut. Demo praktikum ini sangat berguna untuk menambah wawasan tentang ilmu kimia. Antusias yang ditunjukkan lewat pertanyaan yang tiada hentinya, membuat kami merasa senang karena kami dapat mengaplikasikan ilmu kami kepada masyarakat luar.
            Selain itu, stand kimia juga memberikan motivasi dan solusi dalam kiat-kiat mengahadapi SNMPTN. Tidak lupa kami juga menampilkan hasil “Earthbox dan Kompos”, sebagai kreasi mahasiswa Kimia Universitas Sriwijaya. Serta tidak lupa kami paparkan hasil penelitian mahasiswa kimia tentang Biodiesel. Semangat dan antusias dari pengunjung benar-benar tinggi, hal tersebut terlihat ketika mereka menyimak, mengamati dan bertanya tentang berbagai macam metode/ cara pembuatan hasil penelitian tersebut. Departemen Dana dan Usaha HIMAKI Unsri pun terjun ke lapangan langsung karena di mana ada peluang, di sanalah “Danus” beraksi J Departemen Danus menawarkan berbagai macam variasi jilbab, aksesories, snack, dan hasil PKM (Pekan kreatifitas mahasiswa) berupa bantal bermotif lambang Unsri dengan nama “Partisi”.



            Agenda ini tidak dapat sepenuhnya berjalan lancar tanpa adanya kontribusi dari berbagai pihak. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih untuk bapak Suheryanto dan bapak Hasanuddin atas bantuan serta kontribusi bapak untuk kelancaran acara tersebut. Terima kasih untuk semua bimbingan yang bapak berikan. Untuk semua panitia pelaksana, terima kasih untuk kontribusinya. Tetaplah berkontribusi untuk agenda kita selanjutnya!!! SEMANGAT!!!! J GO MIKI GO MIKI GO…..
(ditulis oleh : Rizki dita asmara. Ed : Rudi Hartono)

0 komentar:

.:: Search

.:: Kegiatan

himaki-unsri.blogspot.com himaki-unsri.blogspot.com

.:: e-Library

e-Library Himaki

.:: OKI 2014

.:: Link

http://ikahimki-nasional.blogspot.com http://www.fmipa.unsri.ac.id go to www.osnpertamina.com

.:: Tampilan blog ?

.:: Arsip

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.